About

SOAL ASESMEN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH (2)

 31.  Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyik

api hal tersebut Kepala Sekolah/Madrasah...

       a.  Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
       b.  Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
       c.  Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
       d.  Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
       e.  Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia.
32.  Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali...
       a.  tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
       b.  mampu beradaptasi dengan perkantoran.
       c.  berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri. 
       d.  inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
       e.  educator, manager, supervisior, leader, inovator.


33.  Di awal tahun pelajaran Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah/madrasah harus melakukan....
       a.  rnenghentikan kenaikan uang transport PNS, karena PNS telah mendapat gaji.
       b.  tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS./ APBM
       c.  pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
       d.  pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan. 
       e.  menaikan jumlah SPP


34. Penempatan Kepala Sekolah/Madrasah di sekolah/madrasah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas, Kepala Sekolah/Madrasah melakukan... 
      a.  mengingatkan semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman, maka semua tugas
mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
      b.  semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
      c.  saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM
meningikat.
      d.  menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
      e.  menyusun visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah/madrasah


35.  Kepala Sekolah/Madrasah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga Kepala Sekolah/Madrasah tidak betah di sekolah/madrasah, hasil audit Kepala Sekolah/Madrasah tidak bersalah,maka sikap kepala sekolah/madrasah....
       a.  Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
       b.  Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru. 
       c.  Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
       d.  Wartawan dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas.
       e.   Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.


36.  Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah/Madrasah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan Kepala Sekolah/ Madrasah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah/Madrasah jika bertemu, sikap Kepala Sekolah/ Madrasah seharusnya...
      a.  biar saja, asal tidak mengganggu.
      b.  guru tersebut diberi surat panggilan, karena Kepala Sekolah/Madrasah penguasa tunggal di sekolah/madrasah.
      c.  Kepala Sekolah/Madrasah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
      d.  mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
      e.  memanggil untuk dibina


37.  Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah/madrasah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
       a.  merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung. 
       b.  selalu menunggu intruksi pimpinan agar tidak menyalahi prosedur.
       c.  melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan/kemenag dan pemerintah daerah/pusat.
       d.  memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
       e.  memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu Sekolah/Madrasah.


38.  Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan...
       a.  dalam pengambilan keputusan Kepala Sekolah/Madrasah mutlak tanggung jawab utama. 
       b.  dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
       c.  keputusan didasarkan pada aturan saja.
       d.  memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
       e.  sebagai pemimpin memiliki kompetensi yang profesional.


39.  Seorang guru menghujat Kepala Sekolah/Madrasah ketika ada rapat dinas, mencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya ....
       a.  perilaku guru tersebut sangat kelewatan, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang.
       b.  guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
       c.  biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut diberi penjelasan agar mengerti,
       d.  tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
       e.  guru tersebut tidak memiliki etika birokrasi
 

40. Kepala Sekolah/Madrasah menerima telepon dan menanyakan seorang guru, ketika dihubungi dan dicari,guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, Kepala Sekolah/Madrasah menjawab telepon....
      a.  maaf, guru tersebut tidak ada.
      b.  sepertinya guru tersebut tidak hadir.
      c.  guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
      d.  guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan 
      e.  maaf, apa yang bisa saya bantu


41. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap Kepala Sekolah/ Madrasah adalah...
      a.  mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
      b.  menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili. 
      c.  mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
      d.  mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi Kepala Sekolah/Madrasah untuk melindungi siswanya sendiri
      e.  diselesaikan dengan BK


42. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria...
      a.  keuntungan dan kerugian dari kerjasama
      b.  kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak. 
      c.  keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
      d.  santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak 
      e.  mengikuti etika birokrasi yang berlaku


43. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya....
      a.  selaku pimpinan penentu kesuksesan
      b.  sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
      c.  melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
      d.  melibatkan orang ahli agar juara 
      e.  memberikan motivasi
 

44. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala sekolah/ madrasah....
      a.  terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah/madrasah. 
      b.  kegiatan karang taruna sebagai organisasi pemuda.
      c.  aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah/madrasah.
      d.  aktif dalam kegiatan masyarakat di sekitar sekolah/madrasah.
      e.  melibatkan komite sekolah/madrasah


45. Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka Kepala sekolah harus bertindak di bawah ini, kecuali ....
     a.  Kepala Sekolah/Madrasah membuka amal bencana.
     b.  Kepala Sekolah/Madrasah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan. 
     c.  Kepala Sekolah/Madrasah dengan uang pribadi menyumbang.
     d.  Sumbangan spontan bantuan bencana.
     e.  Kepala Sekolah/Madrasah membuat edaran


46. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah.... 
      a.  Pribadi
      b.  Sosial
      c.  Manajerial 
      d.  Akademis
      e.  Profesional


47. Partisipasi aktif dalam kegiatan Kecamatan, Kabupaten/Kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah....
      a.  Kepribadian
      b.  Manajerial 
      c.  Sosial
      d.  Sektoral
      e.  Akademik


48. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…
      a.  Kepribadian 
      b.  Manajerial
      c.  Sosial 
      d.  Moral
      e.  Profesional


49. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....
       a.  Kepribadian 
       b.  Manajerial
       c.  Sosial
       d.  Kewirausahaan
       e.  Akademis


50. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi Kepala sekolah.... 
     a.  Kepribadian
     b.  Produktivitas 
     c.  Manajerial
     d.  Kewirausahaan 
     e.  Sosial
 

51. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah... 
      a.  untuk menemukan teori yang baru
      b.  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 
      c.  untuk melakukan eksperimen
      d.  untuk membuktikan kebenaran teori yang ada 
      e.  untuk menguji kebenaran penemuan baru


52.  Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain.
Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ... yang menonjol.
       a.  interpersonal 
       b.  intrapersonal 
       c.  linguistik
       d.  spasial
       e.  logika matematika


53.  Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
     a.  Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut. 
     b. berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
     c.  menguasai bidang yang diajarkan 
     d.  memahami beberapa teori belajar
     e.  menguasai berbagai teknik dalam pembelajaran.
 
54.  Contoh penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendekatan pembelajaran...
      a.  ketrampilan proses
      b.  kooperatif 
      c.  inquiry
      d.  kentekstual 
      e.  eksperimen


55.  Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai...
       a.  sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga 
       b.  pijakan untuk menentukan program sekolah
       c.  memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
       d.  meningkatkan kesejahteraan staf dan guru
       e.  pijakan untuk menentukan tujuan jangka panjang.


56.  Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah...
       a.  mampu mencapai standar internasional
       b.  mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
       c.  mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terencana
       d.  menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
       e.  mampu membuat sekolah unggul dalam bidang akademik


57.  Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...
       a.  kecerdasan musikal
       b.  kecerdasan linguistik
       c.  kecerdasan intrapersonal 
       d.  kecerdasan emosional
       e.  kecerdasan logis


58.  Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar....
      a.  cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
      b.  pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan 
      c.  siswa sukses dalam bidang akademik
      d.  status sekolah mencapai taraf internasional
      e.  semua siswa dapat lulus dengan nilai yang baik


59.  Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan....
       a.  penyimpanan data
       b.  pembukuan 
       c.  presentasi
       d.  entry data
       e.  photo editting


60. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa....
       a.  mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang dimiliki 
       b.  mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
       c.  mengontrol kehadiran siswa 
       d.  mengontrol kehadiran guru
       e.  mengontrol perangkat mengajar

 
61. Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ....
      a.  lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi 
      b.  jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
      c.  sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas 
      d.  prosedur kegiatan pembelajaran
      e.  jumlah biaya yang dibutuhkan untuk rombongan belajar tertentu.


62. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan  mutu pendidikan Melalui...
      a.  program wajib belajar 9 tahun
      b.  pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
      c.  akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan 
      d.  maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
      e.  bimbingan belajar mandiri


63. Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu....
      a.  antivir
      b.  acrobat reader
      c.  yahoo/google 
      d.  photoshop
      e.  microsoft word


64. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu ....
      a.  perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi 
      b.  perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi 
      c.  perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi 
      d.  perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan 
      e.  refleksi, observasi, tindakan dan kesimpulan


65. Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut...
      a.  menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
      b.  menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku 
      c.  membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
      d.  membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
      e.  memberi latihan mekanistik agar siswa mengetahui apa yang ia harus lakukan.


66. Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun....
     a.  bila belajar ia akan sukses dalam bidang tersebut.
     b.  ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika 
     c.  ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
     d.  ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain 
     e.  ia mungkin akan menguasai semua bidang


67. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah....
       a.  mengontrol keterlaksanaan program sekolah 
       b.  mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
       c.  mengontrol kehadiran siswa 
       d.  mengontrol kehadiran guru
       e.  mengontrol perangkat mengajar
 

68. Unesco menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ....
      a.  learning to be
      b.  learning to learn
      c.  learning to unlearn
      d.  learning to understand others 
      e.  learning to study


69. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas..... 
      a.  folder
      b.  mail list
      c.  yahoo massanger
      d.  attachment 
      e.  blog

70. Tantangan yang dihadapi Kepala Sekolah/Madrasah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sekolah, Kepala Sekolah/Madrasah yang kompeten...
      a.  pantang rnenyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya
      b.  pantang mundur dan selalu meinperhatikan segi keuntungan.
      c.  maju terus dan selalu membuat inovasi 
      d.  yang penting suasana sekolah kondusif 
      e.  memberikan motivasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel